Saturday, November 5, 2016

5 Contoh Teks Prosedur Kompleks

Setelah kita memahami tentang Teks Prosedur Kompleks maka selanjutnya kita akan mempelajari beberapa contoh teks prosedur kompleks agar lebih memudahkan kita untuk membedakanya dengan teks -teks lainya. Dibawah ini ada bebrapa contoh teks prosedur kompleks yang bisa di jadikan referensi dalam pemahaman dan tugas pelajaran bahasa indonesia.

5 Contoh Teks Prosedur Kompleks

Teks Prosedur Kompleks 1


Cara Membuat Pupuk Kompos
Pupuk kompos adalah jenis pupuk alami yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti sampah daun dan juga kotoran hewan. Pupuk kompos akan membuat tumbuhan bisa tumbuh dengan baik dan tanah pun menjadi gembur. Pupuk kompos sebenarnya bisa dibuat sendiri dengan alat dan cara yang mudah.

Untuk menghasilkan pupuk kompos buatan sendiri yang baik dan berkualitas berikut bahan dan langkah pembuatannya.
  1. Siapkan bahan dan alat seperti kotoran ternak, jerami yang dicacah, air, arang sekam, sampah daun, bubuk gergaji, EM4, gula pasir, cangkul, sekop, karung goni, dan sarung tangan.
  2. Siapkan media untuk membuat pupuk yang terlindung dari sinar matahari dan hujan.
  3. Buatlah larutan dekomposer caranya larutkan gula dengan EM4 di dalam air.
  4. Buat lapisan pertama, aduk rata campuran arang sekam dengan kotoran ternak kemudian ditambahkan dekomposer dan diaduk sampai rata.
  5. Buatlah lapisan kedua, taburkan bubuk gergaji, sampah daun, dan cacahan jerami sampai rata kemudian sirami lagi dengan dekomposer.
  6. Tutup rapat bahan tersebut dengan menggunakan karung goni.
  7. Lakukan pengadukan bahan sampai merata di hari kedua.
  8. Lakukan pemeriksaan setiap pagi dan sore, caranya adalah dengan memasukan tangan ke dalam adonan pupuk dengan menggunakan sarung tangan, jika terasa panas dan tangan tidak bisa menahan rasa panasnya maka adonan pupuk belum siap untuk digunakan.
  9. Periksa adonan pupuk di hari keempat (umumnya sudah siap pakai di hari keempat), bila tangan sudah bisa menahan rasa panasnya, maka pupuk sudah siap pakai. 

Teks Prosedur Kompleks 2


Cara Menyalakan Komputer
Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer harus mengikuti setiap prosedur bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. Untuk menghidupkan komputer dengan benar maka ikutilah langkah-langkah berikut:
  1. Buka penutup (cover) monitor, CPU, keyboard dan printer.
  2. Pastikan saklar yang menyediakan arus listrik terhubungan dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer.
  3. Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
  4. Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai. 
  5. Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan. 

Teks Prosedur Kompleks 3


Cara Menggunakan Modem Eksternal
Dewasa ini, internet merupakan media paling revolusioner. Banyak pengembangan-pengembangan pada internet, salah satunya adalah perkembangan akses internet menggunakan modem eksternal. Bagaimana cara menyambungkan internet menggunakan Modem ? Berikut langkah-langkahnya :
  1. Pertama, siapkan satu unit computer dan modem eksternal usahakan modem dalam keadaan baik dan sudah diisi pulsa. Pastikan juga terdapat port yang bisa digunakan untuk menyambungkan modem dan pastikan pula, computer menyala.
  2. Jika modem dan computer siap, colokkan modem pada port. Lalu computer akan secara otomatis mendeteksi keberadaan modem.
  3. Selanjutnya, bila modem sudah terdeteksi maka program modem akan muncul dan kita bias langsung menyambungkan computer ke internet. Namun, bila program modem belum terinstal maka kita harus menginstalnya terlebih dahulu. Bukalah modem, lalu klik setup installer modem (program untuk menginstal modem). Selanjutnya, tunggu sampai proses pemasangan selesai dan program modem siap digunakan.
  4. Lalu, bukalah program modem dan klik “connect” untuk memulai proses penyambungan. Setelah proses penyambungan berhasil maka internet siap digunakan.


Teks Prosedur Kompleks 4


Cara Membuat Ikat Rambut
Ikatlah rambut biasanya dimanfaatkan oleh anak perempuan, baik untuk dikucir maupun untuk bando. Ikatlah rambut yang dibuat tidak sekedar mengikat begitu saja, akan tetapi juga ada unsur hiasnya. Oleh sebab itu, pada pembuatannya mesti dilakukan dengan kreatif. Untuk dapat membuat ikat rambut, caranya sangat gampang sekali maka ikuti langkah-langkah seperti yang ada berikut ini:

Alat dan Bahan
  1. Pensil dan gunting
  2. Tali kur mesti sesuai dengan kebutuhan.

Langkah-langkah membuat:
  1. Tali kur akan dipotong menjadi dua bagian. Setiap bagian akan dilipat dua sehingga semuanya terdapat empat utas tali.
  2. Siapkanlah pensil yang cukup panjang. Buatlah pada simpul kepala dengan menggunakan bantuan pensil tersebut.
  3. Buatlah dengan simpul datar.
  4. Lakukanlah sampai seluruh tali hingga menjadi jalinan simpul. Buatlah variasi supaya simpu tak monoton. Kalau perlu maka gunakanlah tambahan aksesoris lain.
  5. Ikatlah rambut hingga siap digunakan.  

Teks Prosedur Kompleks 5


Cara Mematikan Komputer
Sesudah selesai menggunakan komputer maka mesti dimatikan terlebih dahulu supaya tidak menyala terus. Sama halnya dengan prosedur dalam menyalakan komputer, kemudian untuk cara mematikan komputer juga membutuhkan prosedur agar komputer tak cepat mengalami kerusakan. Ikuti untuk tahap-tahap yang benar pada berikut ini:
  1. Tutuplah seluruh aplikasi atau program yang masih aktif.
  2. Tekan tombol “Start” dengan menggunakan mose pada desktop.
  3. Tekan menu “Turn off komputer”
  4. Di kotak dialog “Turn off komputer”. tekan tombol power monitor.
  5. Diamkanlah untuk beberapa saat sampai komputer mati.
  6. Klik tombol off di monitor dalam memadamkan monitor.
  7. Cabutlah kabel listrik pada jala-jala listrik.
  8. Tutuplah dengan menggunakan penutup

AKU HANYA Seorang Manusia Biasa Yang ingin sukses dan menjadi berguna bagi orang lain.


EmoticonEmoticon